Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan adalah mengapa air di rumah saya tiba-tiba mati?
Berhentinya pendistribusian air bersih ke rumah-rumah pelanggan disebabkan oleh beberapa hal. Yang paling sering biasanya dikarenakan adanya kebocoran di jaringan pipa Perumda. Tentunya kebocoran ini terjadi tiba-tiba dan tidak direncanakan. Langkah pertama yang harus dilakukan saat air di rumah mati adalah dengan memeriksa meter air yang ada di rumah apakah jarum yang ada di meter berputar atau tidak. Cek juga stop kerannya, takutnya lupa dibuka. Jika meter air dan stop keran tidak ada masalah, coba cari tau ke tetangga apakah mengalami hal yang sama atau tidak. Apabila banyak tetangga anda yang banyak yang mengalami mati air, maka kemungkinan besar ada kebocoran di jaringan pipa kami. Silakan langsung melaporkannya ke Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor. Dari jumlah dan lokasi laporan, kami mendapatkan gambaran di daerah mana saja yang mengalami gangguan kemudian melakukan survey lapangan untuk mencari titik kebocoran. Setelah titik kebocoran ditemukan, maka proses perbaikan akan bisa segera dilaksanakan.
Lalu, bagaimana apabila setelah menutup semua keran yang ada di dalam rumah, jarum di meter air tetap berputar?
Apabila hal tersebut terjadi, maka kemungkinan ada kebocoran jaringan pipa yang ada di dalam rumah. Bisa juga ada masalah di kontrol otomatis toren yang ada di rumah. Apabila hal tersebut yang terjadi, pelanggan dapat langsung melakukan perbaikan karena jaringan pipa di dalam rumah merupakan tanggung jawab pelanggan. Jika terus didiamkan maka akan menyebabkan tagihan rekening air anda bulan berikutnya melonjak tinggi. (eks/wit)
FAQ = Frequently Asked Question (Pertanyaan yang sering diajukan)